Fungsi Customer Relationship Management (CRM) Pada Software ERP

Software ERP memberikan kekuatan ada manajemen finansial perusahaan dan memberikan kemampuan untuk melacak pesanan, menyiapkan invoice, menerima pembayaran dan pengelolaan akun. Proses sales dan marketing adalah bagian dari software ERP yang biasanya digabungkan kedalam customer relation management (CRM) modul.

CRM dan ERP modul memiliki peran yang berbeda, namun fungsi yang mereka miliki adalah kunci bagi perusahaan moderen yang tidak dapat dipisahkan.


Sales dan Marketing Pada Software ERP


Software ERP menggabungkan 5 fungsi yaitu CRM, Finansial, Logistik, Manufaktur, dan juga Sumber Daya Manusia. Sales dan marketing adalah bagian dari CRM modul yang dimiliki oleh software ERP yang menggabungkan fitur sales automation yang dapat melacak dan mendukung proses sales.


Fitur Dari Sistem Marketing Yang Terintegrasi


Sistem CRM moderen yang terintegrasi menawarkan berbagai jenis fitur yang tidak hanya memfasilitasi sales dan marketing, namun juga dapat menindaklanjuti pesanan, melakukan pelayanan pelanggan, dan manajemen kompensasi.

Fitur – Fitur Yang Terdapat Dalam Sistem CRM

1. Otomatisasi sales force : proses yang memberikan gambaran penuh tentang aktivitas klien, menciptakan peluang penjualan, serta mengelola order fulfilment

2. Otomatisasi Marketing : Memberikan kemampuan untuk menghasilkan prospek yang berkualitas, memperlancar proses penjualan, mengelola multi-channel marketing campaigns, dan kolaborasi antara sales dan marketing

3. Informasi real time : Dapat memonitor transaksi secara real time

4. Dasbor : Dasbor yang dapat di kustomisasi yang dapat menyediakan informasi terbaru

Cloud atau On-Premise CRM dan ERP


Secara histori, software ERP adalah software besar dengan sistem yang kompleks yang dijalankan pada server internal perusahaan. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, hal tersebut dapat digantikan dengan teknologi baru yang ada sekarang ini, yaitu cloud computing.

Cloud computing menawarkan kemudahan dalam akses, fleksibilitas, dan juga kemudahan dalam penggunaannya. Maka dari itu tidak jarang para pelaku bisnis yang mulai mengalihkan sistem on-promise mereka dan beralih ke cloud computing

Comments

Popular posts from this blog

Komponen Sistem Informasi Perusahaan Yang Wajib Di Miliki

3 Jenis Laporan Keuangan Mendasar Dalam Sebuah Bisnis

Tips Proses Stock Control Dengan Sistem Inventory Anda